Kumpulan tips ringan sehari-hari yang mudah dipraktekkan namun bisa dirasakan manfaatnya.

Saturday 28 May 2016

Solusi Mudah Mengatasi Modem Prolink Yang Tak Bisa Connect Internet

Tiba-tiba modem prolink yang saya gunakan tidak bisa connect ke internet. Padahal driver sudah terinstal. Ketika re install, ada notifikasi gagal menginstal driver. Lalu saya melihat device manager. Beberapa driver tampak bertanda seru. Ada apakah ini?

Seperti biasa saya langsung mencari solusi di internet. Barangkali ada yang sesuai. Modem yang saya gunakan adalam modem Prolink PHS600. Saya langsung mengingat-ngingat apakah modem ini masih ada garansi? Ada! Modem ini bergaransi 3 bulan dari tokonya. Tapi itu solusi terakhir. Saya mencoba mencari informasi melalui google.

Beberapa solusi seperti unistall driver, dan re-install sudah dilaksanakan. Update driver modem pada device manager sudah. Namun modem tetap tidak bisa terkoneksi. Sampailah saya menemukan satu tulisan sederhana dari sebuah blog. Ini adalah cara mudah mengatasi modem yang tidak bisa terkoneksi. Bagaimana caranya?

Cara Mudah Mengatasi Modem (Prolink) yang tidak dapat terkoneksi ke internet

1. Restart Komputer/Laptop anda.
2. Saat muncul logo pertama kali, silahkan tekan F8 untuk memunculkan menu safe mode. Di beberapa komputer/ laptop mungkin berbeda.
3. Pilih "Safe Mode"
4. Colokkan modem
5. Install.
6. Restart Komputer atau Laptop
7. Masuk ke windows seperti biasa (jangan ke safe mode lagi)
8. Dan colokkan modem

Berhasil ! Modem kembali bekerja seperti biasa.

Pada saat menginstall, ternyata mendapat notifikasi yang sama dengan saat menginstal ulang di menu windows biasa. Yaitu bahwa driver tidak terinstall sempurna. Namun kemudian setelah restart dan masuk ke windows biasa, modem saya akhirnya kembali bekerja normal. Anda bisa mencoba langkah sederhana tersebut sebelum memutuskan untuk mengembalikan modem tersebut ke penjualnya untuk mengklaim garansi.

Selamat mencoba.
Ini hanya pengalaman saya. Saya kurang tahu untuk kasus lainnya, dan dengan modem type lainnya. Namun, tidak ada salahnya mencoba cara mudah mengatasi modem yang tidak bisa konek ini.

Semoga bermanfaat.

Solusi Mudah Mengatasi Modem Prolink Yang Tak Bisa Connect Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: hibirthday

0 comments:

Post a Comment